Cara Membuat Database MySQL Di PHPMyAdmin

3:39 PM

Database adalah penyimpanan data atau penampungan data yang di dalamnya terdapat tabel-tabel dan kolom-kolom yang dapat dikelola sesuai kebutuhan. Dan kali ini kita akan membuat database melalui interface PHPMyAdmin yang telah disediakan oleh XAMPP. Berikut langkah-langkahnya :


1. Bukalah browser dan masukkan alamat URL http://localhost/phpmyadmin sehingga muncul tampilan berikut :



2. Lalu anda loginlah menggunakan Nama Pengguna "root" dengan Kata Sandi kosong jika sebelumnya belum pernah membuat akun, jika telah menggunakan akun maka sesuaikanlah dengan akun yang telah kita buat. Jika berhasil maka akan muncul tampilan berikut :


3. Pada bagian kolom "Ciptakan database baru" isilah nama database yang ingin kita buat, misalkan kita akan membuat database dengan nama "cobaDB" lalu klik tombol "Ciptakan" dan jika berhasil maka akan muncul tampilan berikut :

Database dengan nama "cobaDB" telah dibuat. Setelah database telah dibuat maka akan dimunculkan ke halaman seperti gambar diatas dan dihadapkan ke pembuatan table. Lalu bagaimana cara membuat tabel di dalam database tersebut? Jawabannya ada di artikel Cara Membuat Table MySQL Di PHPMyAdmin. Terimakasih telah mengunjungi blog ini, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

First